maap pindah rumah

•September 15, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

saya pindah rumah di

http://ocheholic.multiply.com/

mohon berkunjung..

bukannya ga sayang sama blog ini..tp capek juga punya rumah buanyak..hehehehe…

keluhan *2

•September 14, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn…..

wes gitu aja hari ini….

keluhan *1

•September 13, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar
hari ini indosat mayak…begitulah pendapat choji hari ni..
sejak semalem ga ada sinyal..jadi ga bisa nrima sms (walopun pada akhirnya jarang dibales..hehehhe)..tadi pagi beberapa temen ngeluh..gara2 sinyal mati ga bisa smsan sama istri..lah kok aku biasa aja..ya iyalah..kan ga ada yang wajib dihubungi che (*kata seorang temen…hehehhehe)…dari pagi biasa saja…
malem orang rmh ga ada yg OL,pada ga nyadar apa ya kalo ada yg kangen..telp rumah..g da yg angkat.t rnyata smua ke bondowoso jenguk mbahku.telp hape suaranya putus2,lagi di pegunungan..suruh sms aja..mo sms sinyalnya ga ada…huaaaaaa…
anak2 juga pada jarang OL…pada akhirnya ikut mengeluh juga…
knp operator seluler yang saat ni jadi tulang punggung telekomunikasi (krn murah) di negri ini gampang sekarat..gampang ilang sinyal..gampang sandet2??
tanpa mengurangi rasa cinta pada negri ini..kadang2 hebatnya negara lain bikin kita miris kalo inget negara tercinta..
kapan tu aku dan temen2 presentasi yg temanya perbandingan negri sendiri ma jepang..ya ga perlu diceritain panjang lebar, pokoknya isinya bikin malu2 gimana gitu…
tadi siang juga baca berita..kalo di jabar n jkt heboh daging palsu alias daging yang diawetkan pake formalin..adu2..aku dan temen2 disini lagi kebingungan nyari daging non babi..ternyata di negri sendiri juga mulai bermasalah cari daging yg bisa dimakan..begitukah?
oh negriku yang tercinta..apapun km, ak tetep hormat padamu..smg km baik2 saja..
(*13 sept, diiringi diare dan kangen stadium lanjut…

lebaran…ucapan

•September 8, 2008 • 1 Komentar

hmmmm…puasa uda masuk minggu kedua..bener2 pengalaman pertama yang luar biasa.puasa di negri orang tanpa es degan dan kolak pisang..dan yg pasti tanpa suara mami pas sahur,cm sms aja..kadang2..hehehehhe..

brarti lebaran tinggal deket yap (*padahal ya masi lama)..pas jaman2 di indonesia dl..ni pasti waktunya menyisihkan sebagian budget buat beli baju lebaran..iya sih,pas itu pun uda mengerti kalo lebaran ga brarti baju baru..tapi kalo smua pake..keknya wajar aja kalo keinginan beli baju tetep terpelihara..hehhehhehe..fenomena turun menurun bukan.orang yang uda tua aja juga masi pake baju baru..hahahhaha…

bagaimana dgn sekarang?boro2 baju baru..ntar gmn ngrayainnya aja blm kepikiran..hehehehhe…pengalaman lebaran tanpa ketemu mami papi untuk pertama kalinya..ga tau deh rasanya gmn,sungkem lewat telp..

dulu..pas lebaran..banyak dari kita termasuk oche bersibuk2 bikin kalimat2 ucapan buat dkirim lewat sms.walopun sebagian besar kopi paste aja alias memforward sms yang dirasa bagus nan puitis..satu budaya wajar yang mengakar..hehehhe..terus terang,bukannya sombong..awalnya aku ga pernah memforward sms temen pas lebaran.pasti bikin dewe dengan pemikiran lama dan bertapa..demo demo demo..pada suatu hari..setelah bersusah payah bikin itu ucapan..ga berapa lama ada orang yang ngirim sms dengan kalimat sama..artinya tu sms uda diforward beberapa kali..ga pa2 sih..cuman ya..kok jadi lucu aja..hehehhehe..sejak saat itu aku ga pernah bikin kata2 atau kalimat2 puitis..cukup dengan kalimat “kawan,maapin oche ya..”..kantan deshou..hahahahhaha..dan sejak itu ga ada yang memforward sms singkat itu sampe kembali ke kreator..

seberapa jauhkah penggunaan bahasa yang puitis berpengaruh sama dalemnya arti? ok lah…sngat berarti pastinya..apalagi yang ngirim orang yang dianggep spesial..pasti totemo totemo totemo taisetsu da..trus kalo memforward sms orang lain ngaruh ga sama dalemnya arti?hmmm…kangaete kudasai..apakah hanya sekedar jadi budaya?sekedar melepas kewajiban meminta maap lewat sms atau bahkan sekedar lucu2an aja..jawabnya kita sendiri yang tau…

dan itu smua baru krasa saat kita uda sulit melakukan budaya di atas..ya seperti TKW ini (*saya)..jauh dari rumah..untuk pertama kalinya bakal ngrasain lebaran tanpa budaya yang uda dipupuk sejak kecil..ternyata budaya yang pernah tak anggap agak ga penting itu bikin kangen juga..emang sih bukan lagi masalah kalimat apa yang dpake ntar..tapi begimana kita dengan tulus ikhlas meminta maap skaligus memaafkan orang lain..kantan?agaknya agak2 sulit..dan yang terpenting lagi,seberapa dalem ramadhan kita menangkan?hahahhahahha…dualeeemmm…

ok lah…karena smua berawal dari ketulusan..bukan begitu?

eniwe,uda bikin ucapan lebaran blm?hahahhahahhahahahhahaha….

petir

•September 8, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

……………………………………

……………………………………

nyalanya berani..

berkilat seolah menerkam..

meninggalkan suara menakutkan..

aku takut..

tapi aku menunggunya..

aku membencinya..

tapi aku berharap..

petir..

datanglah..

……………………………………

……………………………………

seberapa jauh energi harus disimpan? #2

•September 7, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

hehehehehe…nulis lagi aaah…

ni terusan dari posting d bwh…awalnya ga niat nerusin sih..cuman tadi iseng2 baca fakta2 global warming..hmmm..ngeri juga..

global warming yang merupakan penigkatan rata2 measured temperature dari permukaan air laut sejak pertengahan abad 20 ni makin mengerikan aja.. hehehhehe..bener ga sih..

peningkatan suhu global

peningkatan suhu global

dari grafik di atas bisa diliat kalo suhu bumi makin panas aja toh..kek lagunya gigi..panas panas panas badan ini pusing pusing..hohohohoho..*ga penting..

itu baru nyampe sekitar tahun 2000an..gmn 20 tahun mendatang..atau 50 tahun ke depan..pas jaman2nya anak kita atau cucu kita nanti…can u imagine?ataukah fenomena pemanasan global ini tanda2 kiamat emang udah di depan mata?Wallahu a’lam bisshawab…

trus apa yang trjadi skr ni?di deket kita?salju2 di dataran asia juga meleleh dengan sangat drastis.puncak jayawijaya di papua,satu2nya tempat bersalju di indonesia..sekarang puncak itu uda kaga ada saljunya alias meleleh..ini menandai era berakhirnya eksistensi satu2nya daerah bersalju di negara kita..sekaligus pembuktian kalo bumi makin panas aja..bahkan berdasarkan intergovernmental panel on climate change (IPCC) yg dirilis thn 2007,30 salju di pegunungan di seluruh dunia kehilangan ketebalan hingga lebih dari setengah meter hingga thn 2005.2 thn terakhir blm masuk laporan..ckckckckck…

dan tentu aja,pemanasan global ini memberi efek menakutkan buat kita..trutama masyarakat yang ada di bawah garis kemiskinan..misalnya aja kekeringan di daerah jawa tengah (dmana ya,lupa nama tempatnya..hehehe)..masyarakat yang tergantung sama eksistensi air,petani misalnya..ga keitung deh seberapa berat penderitaan mreka gara2 langkanya air..

itu baru dari sisi kelangkaan air..blm yang lainnya.misalnya..skr ni gara2 panas,banyak orang kaya yg pake alat pendingin bernama AC..alat yang cuma bisa dpake kalangan atas yang biasanya hidup di kota yang secara akumulatif justru mendorong terciptanya bumi yang makin panas akibat gas2 yang dihasilkan oleh pendingin udara tersebut tidak ramah lingkungan..uda gitu penggunaan AC ni juga bikin boros listrik dan otomatis boros bahan bakar yang pada akhirnya kasih sumbangsih memperparah global warming..

sekali lagi yang pertama dirugikan..ya orang kecil yang sulit dapet akses sumber daya ekonomi memadai.trus kita kudu begimana?hmmmm..jaa,jibun de kangaete,isshouni yatte mimashou…(*untungchan no quote)…

marilah kita bijaksana….

seberapa jauh energi harus disimpan?

•September 6, 2008 • Tinggalkan sebuah Komentar

wadu..judulnya intelek bgt ya..ga oche bgt..hahahahaha..walopun isinya mgkin ga seintelek judulnya,smg ada manfaat..amin..

akhir2 ni banyak bgt yang gembor2in gmn caranya ngatasi global warming..nembel ozon yg bolong lah..nanem pohon2an lah..dan lah lah lainnya.. dulu pas kuliah juga sempet liat presentasinya Al Gore mantan wapres amerika di oprah winfrey tentang global warming..gile..keren bener ni orang..walopun lagi banyak yg ga suka sama orang amerika..tapi saya jatuh cinta sama bapak ini..hehehehe..dan yang paling disayangkan waktu itu,saya kurang begitu care sama apa yang dipresentasiin bapak ini..kebanyakan nonton kabar kabari,silet,insert,dll mgkin..hahahahaha…sampe kelar kuliah pun..walopun uda ngerti bahaya global warming..tapi rasanya blm kepikiran tuh untuk bertindak lebih..bertindak yang bermanfaat…atau sampai sekarang ya?hehehe..

nah..tulisan ini terinspirasi sama walk rally minggu kmr..kebetulan kelompok saya (oche,choji,untung,tedy) dapet bagian nyari tempat yang namanya kankyou enerugi kan..semacam education center masalah energi dan environment gitu..perjalanan dimulai jam stengah 2…alhamdulillah ga pake nyasar..walopun nyampe agak telat gara2 kelamaan diskusi..hehehe…nyampe skitar jam 3an..dan acara inti pada hari tu (penjelasan ttg listrik2an) terlewatkan..phew! ya udahlah shikata ga nai..akhirnya kita ngikut acara brikutnya..nonton film pendek 20menitan ttg ekosistem..

tempet ni tu sebenernya dkususkan untuk blajar anak2..pengenalan perawatan lingkungan buat anak2 keci..dibangun sama tokyo gas,prusahaannya jepang..dan hebatnya tempat ini gratis..hmmm ne,d indonesia tempat sekeren ni keknya ga mgkin gratis deh…hehehehehe…

kankyou enerugi kan

kankyou enerugi kan

habis walk rally kita harus presentasi..dan pas presentasi tu yoshida san (*koord pelatihan) tanya sama kita2..knp kira2 tempat itu gratis?di indonesia ada ga?

hehehe…knp ya kira2..dgn puitis kita jawab kalo jepang emang lagi concern bgt menggalakan pengenalan pengelolaan lingkungan hidup..sekali lagi gara2 global warming tentunya..nah,d indonesia ada ga?kita sih jawabnya ada walopun ga tau..smg ada beneran..hahahhaha…walopun mgkin ga gratis..

ok..mari kita intip di tempat ni ada apa aja…

ngitung energi?

ngitung energi

nah..alat sebelah kiri ni dpake buat ngitung energi..ga ngerti deh gmna caranya..hehehhe..pokonya hebat lah..pas itu jg ga nyoba..pas buanyak anak kecil dakara..
recycle..

recycle..

nah yang sebelah ni kumpulan sampah2 yang bisa dilah ulang..ada botol,majalah,kaleng minuman bekas,dll..itulah knp misah sampah ternyata penting bgt walopun agak sulit..pas pertama datang di indonesia juga agak bingung sama budaya ini..ya untung aja cm dpisah jadi 2 tempat..ga kaya di nagoya yang katanya sampah dipisah jadi 9 tempat..sugggooi..hehehhehe…sepertinya saya bakal mendadak stress kalo tinggal di tempat tu..

dan masih banyak lagi selain dua hal diatas..ada film ttg ekosistem..crita ttg metabolisme,cinta kasih antar sesama..cucok bgt buat anak kecil..ada apa lagi ya..ada pembangkit listrik juga..yang dpake buat bangkitin listrik di gedung itu..hmm keren bgt..

yang pasti..tu gedung dbikin karena jepang lagi concern bgt sama lingkungan hidup..apalagi global warming uda makin parah aja tu..hehehhehe…jepang yang polusinya dikit aja care bgt sama hal yang mungkin masih dianggap blm terlalu masalah…

trus indonesia kapan atuh care-nya?hehehhehehhe…malah masih hobi nyumbang asap gara2 kebakaran hutan..yah gmn ya,emang mulainya harus dari diri sendiri ya..*simpel dan klasik bukan…

yah..apapun indonesiaku tetap yang nomor satu..yang aku banggakan..yang aku rindukan..

ok deh…tulisan ini sekian dulu….nguantuk kalo dpake mikir yang berat2…bsk dlanjut lagi nyak…hehhehehhehe